Kamis, 19 Februari 2015

Let's love and cover INDONESIA

Back to me again..!

         Kalau berbicara tentang Indonesia ga ada matinya deh. Alam yang begitu indah dan budaya yang begitu mempesona ga bakal pernah membuat kamu menjadi bosan. Dari sabang sampai merauke berjajar pulau pulau (fufufu....). Disetiap pulau ini terselip keindahaan dan keelokannya. Bukan hanya alamnya tetapi juga masyarakatnya,, damn damn.. kita masyarakat indonesia terkenal dengan senyumnya. Aku sih udah survey dan menurut temen temen dari luar Indonesia ketika aku bertanya apa yang terlintas di benakmu  mendengar kata INDONESIA, 90 persen dari mereka mengatakan tentang masyarakatnya yang ramah. Diliat dari fenomena ini, aku selaku masyarakat Indonesia yang telah mengobservasi masyarakat sendiri berpendapat seakan mereka melihat orang luar (bule) merupakan orang yang sangat spesial. Setiap ada hubungan dengan sang bule pasti akan menjadi sebuah kebanggan bagi individu itu. why??? contohnya ada bule lewat trus kamu bilang "may we take a photo together?"  bulenya bilang ia , kalian foto bareng, ga ada 5 menit kalian pisah, terus kalian share, jadilah kebanggan. What's that?!
          Melihat kejadian itu sangat membuat aku malu. Ya kalau misalnya si sang bule punya urusan  dengan kita yah monggo. Tapi,, kalo ga ada urusan ya udah sih ga usah segitunya. Itu menunjukkan kalo kita itu lebih rendah daripada mereka. Kita juga harus pasang harga tinggi juga dong.
oke,, lets move to the Culture. 
          Budaya yang kita punya itu bukan hanya bagus, tapi keren bangeettt..! Aku tidak bisa menghitung berapa budaya yang sudah aku lihat dengan mata kepala sendiri dan juga yang belum. Sebagai orang awam, aku hanya tahu itu banyak sekali. Nah,, Semenjak lulus SMA aku mulai berusaha sedikit demi sedikit mengunjungi daerah dan budayanya, mengabadikannya di otak dan kameraku untuk membangun cinta kepada bangsa. Semakin aku telusuri cinta itu seperti Narkoba,, aku terkena candu budaya, Aku selalu ingin mengisi waktu luangku untuk mengunjungi mereka, dan juga mengenal lebih dalam Tanah air ku. Masak ia aku cuma duduk sekedear tahu teory tentang berbagai macam budaya Indonesia tanpa pernah melihatnya.? 
           Dilihat dari kenyataan, kita mengaku kalau punya budaya yang keren, tapi kita sendiri malahan tidak memperhatikannya. Ketika ada negara yang memperhatikan dan mengklaim itu merupakan kepunyaan mereka, kita langsung berapi api menghujat mereka. Sebenernya itu pelajaran dari Tuhan agar kita lebih memperhatikan apa yang telah kita miliki dan jangan pernah mengacuhkannya. Kita juga kalah daripada orang bulek lo..!!  mereka aja menjelajahi negeri kita tetapi kita hanya sebagian kecil orang yang turut ikut datang untuk menjelajah, menyaksikan budaya sendiri. Yah,, banyak alasan sih,! sebenernya kita bisa mencontoh prilaku hidup para bule sana salah satunya menabung menabung dan menabung agar dapat menyusuri indahnya dunia. Apalagi buat anak anak muda Indonesia , ayo jelajah negerimu, tapakkan kakimu disetiap sudutnya agar kamu dapat menceritakan lebih banyak lagi INDONESIAmu ke dunia. Agar mereka mereka yang disana juga respect sama kita. 
        Masyarakat dan Budaya udah awesome banget. Nah,, tambahan yang membuat lo lo pada bakal ngiler ya, alamnya Indonesia. Siapa sih yang bilang alam kita jelek.?? Ga ada ,, Pada dasarnya semuanya murni diciptakan Tuhan dengan sangat indah. Mulai dari dasar samudra sampai puncak gunung yang tertinggi, kita memiliki semuanya. Kita banyak memiliki hal hal yang tak pernah dimiliki oleh negara negara lain. Mereka punya satu kita punya sejuta.
        Berbicara tentang rusaknya alam kita.. yah,, memang benar itu rusak. Kenapa mesti dirusak?? itu ga usah kita pertanyakan lagi toh itu karena yang merusak itu adalah kita sendiri. Introspeksi diri masing masing bakal membuat itu lebih baik kok. Lebih baik pertanyaannya diganti "kenapa kita ga perbaiki?" Banyak alam alam yang menunggu kesadaran kita, banyak ikan ikan yang berteriak kepada kita. Kita harus peka sama alam sendiri, memperbaikinya dan mengembalikannya seperti semula.
       Well, guysss,,, cinta Indonesia itu seperti mencintai pasangan hidup kita sendiri. Kita tahu kekurangannya luar dan dalam. Kita bisa saja melihat pasangan yang lain lebih bagus tetapi Cinta mengalahkan segalanya. Pasangan kamu adalah segalanya bagimu, pasangan kamu pasti kamu jaga selamanya. Sama juga seperti INDONESIA merupakan belahan jiwamu yang tidak akan pernah terlepas darimu.

cenciaroar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar